Sunday, February 22, 2009

(C1)Apakah HAKIM selalu benar ???????

hahahhaaa ....
sekarang mah kita kesampingkan dulu masalah Aqidah dan Tauhid.
Sekarang mah saya ingin membicarakan sedikit kisah hidup saya dan realitas lingkungan. Ini biasanya sering terjadi di kalangan remaja walaupun di kalangan dewasa pun sering terjadi.
kita fahami arti kata HAKIM. Itu bukankah berarti ADIL. Dan ADIL itu berarti, tidak berat kepada salah satu pihak, atau kedua pihak merasa tidak dirugikan atau tidak diuntungkan salah satu pihak saja. (aduh ribet).


"wahai jiwa-jiwa yang tenang jangan sekali-kali kamu, mencoba jadi Tuhan dengan mengadili dan menghakimi, bahwasanya kamu memang tak punya daya dan upaya, serta kekuatan untuk menentukan kebenaran yang sejati".

penggalan lirik lagu Dewa19 berjudul Laskar Cinta , yang jujur amat sangat berpengaruh dalam perubahan kehupan saya .

dulu saya memang gampang men-jugde orang dengan keburukannya . Contoh , 'saya tidak suka sama si X gara2 jalan dia jahatin temen saya'. Sungguh KONYOL orang berfikir seperti itu, tapi tidak dipungkiri juga bhwa itu adalah diri saya d jaman dulu . Diri saya yang aduhai menyebalkan sekali (walaupun sekarang juga masih). hhheee

tapi setelah ada lagu Laskar Cinta itu , saya benar2 berfikir . Kalau semua manusia begitu gampangnya menghakimi seperti itu , wah , kita bisa tidak suka ama semua orang (ingat, semua orang punya kekurangan). mungkin bisa peranglah kita .
Ternyata memang konyol kalau kita benci seseorang hanya karena sikapnya yg bahkan kita tidak tahu detailnya seperti apa .
Aa Gym prnh blg jg "jangan pernah benci orangnya, bencilah sifatnya" , mulai dari sinilah saya ingin berubah supaya TIDAK GAMPANG menghakimi org lain .

Bertahun-tahun berlalu , saya mencoba menjadi manusia yang lebih baik dan suatu hari saya ngelakuin suatu yg bs di anggap BLUNDER . Yaitu, emmm, awalnya saya nyomblangin teman saya (si cowo) dan shbt saya (si cewe). Mereka jadian, tapi hubungan mereka tidak berjalan dengan baik, dan akhirnya putus. Dan diri saya dan si cewe itu gara mslh ini malah bkin kita saling sayang. Tp dbalik kceletotan itu sy punya alibi2 yg kuat yg bs membuktikan bhwa sy punya alasan yg amat sngat masuk akal. Yah, contoh kecilnya sih, saya sudah minta izin ke si Cowo buat jadian ama si Cewe, dan si cowo amaat sangat mendukung, dan nyuruh saya cepet"jadian. Nah , si korban dr keBLUNDERAN sy ini , terus mencritakan keburukan, kejahatan atau ke'iblis'an sy kepada teman2nya(yg kebetulan teman2 sy jg) tanpa memberitahu seluruh fakta , alasan2 sy tidak d critakan kpd mereka. Pandangan mereka berubah. MEREKA TIDAK MENYUKAI DIRI SAYA SEPENUHNYA , YG MEREKA TAU BAHWA YG NAMANYA 'KIDDY' PUNYA KELAKUAN SEPERTI SETAN. Dan itu terjadi bukan karena satu masalah saja, tetapi beberapa masalah yang mereka tidak mengerti.

mengetahui hal ini , hal yg sy lakukan HANYA :

1) Introspeksi (walaupun sy yakin pandangan mereka thd sy susah berubah , karena 1 kejahatan baru akan dilupakan setelah kita melakukan SEJUTA kebaikan), dan ingatlah kenyataan hidup ini temen-temen, ketika kita sudah berbuat baik kepada bnyk orang, jangan harap dengan satu kesalahan mereka bakal begitu saja nerima kamu apa adanya.

2) TERTAWA SANGAT PUAS
mengapa ?
Bukan merasa lebih baik dr org lain , tp mereka melakukan hal2 yg sy lakukan bertahun2 yg lalu. Tp mereka tetap merasa dirinya DEWASA .
Hahahahaha , tapi saya tetap tidak pernah benci mereka , karena memang ada beberapa insiden yg si pihak KORBAN (merasa tersakiti oleh sikap sy) langsung ngmng d depan saya. Sungguh sy bersyukur ada org yg sprti itu karena itu membuat aku bs introspeksi lg dan brusaha menjadi lebih baik , dari pada ORANG2 PENGECUT YG HANYA BISA NGOMONGIN AING D BELAKANG , TERUS NGEHASUT TEMAN-TEMANNYA BUAT BENCI SAYA , Hhahahahaha , sy hanya bs ketawa .

Tapi banyak jg hikmah-hikmah yang bisa diambil dari masalah ini, seperti, saya g akan ikut cambur masalah orang lain terlalu dalam sekalipun itu masalah sahabat saya, dan saya akan mencoba ngehargain orang lain.

sy cmn ingin mengajak teman2 yg bc blog(ga penting) ini supaya mulai TIDAK menghakimi orang itu hanya dari skap buruknya , bencilah sifatnya , jgn benci orangnya , dan rubahlah dia agar menjadi insan yg lebih baik .
Bagi yg bc blog ini adalah org2 yg BENCI sma saya , ya terserah mau d tanggep atau engga , saya mah msh mau dgrin KRITIKAN PEDAS dari teman2 sekalian .

keep peace and invite to freedom
=)

No comments:

Powered By Blogger